Daiwi Sampad

17.5.17

Orang-Orang yang Mengumpat

Ludah. Orang-orang meludah di mana-mana. Ludah di ubin. Ludah di tembok. Di bangku. Di meja. Di daun pintu. Jendela. Televisi. Surat-kabar. Ludah di mana-mana. Berserakan seperti di lantai stasiun atau terminal kelas E.

Pesing. Bau pesing. Orang-orang kencing berdiri di balik pohon atau tembok milik tetangga. Diam-diam. Mengendap dalam gelap. Membuang kencing yang hangat dan kuning pekat. Bau pesing. Orang-orang membuang kencing.

Menyembur. Orang-orang menyembur. Menyembur anjing dari mulutnya. Menyembur goblok dari mulutnya. Menyembur cinta dari mulutnya. Menyembur Tuhan. Menyembur doa. Menyembur kata binasa. Orang-orang menyembur. Seperti kobra yang terdesak di antara kawanan musang. Menyembur bisa.

Menggonggong. Orang-orang menggonggong. Menggonggong di belakang punggung kawan. Seperti anjing yang kena kebiri. Takut berkelahi sekaligus menahan berahi. Menggonggong seperti anjing yang takut kehilangan kawanan.

Mengumpat. Orang-orang pada mengumpat. Orang-orang akan mengumpat. Orang-orang mulai mengumpat. Orang-orang yang mengumpat.


Bandung, 28 April 2017